Tari Saman

Mungkin sudah banyak orang yang kenal dengan tari Saman??

Tari Saman adalah tarian yang berasal dari Aceh. Dirinci lagi, suku Gayo dari Aceh. Biasanya dipakai untuk pembukaan acara adat, festival, penerimaan tamu, dan sebagainya.

Tarian inilah salah satu cara penyampaian pesan dakwah. Tarian ini mencerminkan sifaat sifat dari Aceh itu sendiri. Tarian ini diawali dengan mukkadimah atau pembukaan, tampillah seorang tokoh masyarakat untuk menyampaikan keketar/nasehat yang berguna. Kalau tarian ini dipertandingkan, biasanya yang dinilai adalah kemampuan mengikuti alur nyanyian.

Tarian ini ditarikan oleh laki laki. Dipimpin oleh seseorang yang dinamakan Syekh. Tarian ini mesti serius, kalo gak, bisa kacau tariannya karena saking seragam, cepat, dan tepatnya tarian ini.

Tarian ini tidak diiringi alat musik, hany diiringi nyanyian (itu loh, yang nyanyi-nyanyi gk jelas : D(peace)) dan pukulan paha dan tangan dari para penari. Nyanyiannya dibagi 5 segmen yaitu:
1. Rengum, yaitu auman yang diawali oleh pengangkat.
2. Dering, yaitu regnum yang segera diikuti oleh semua penari.
3. Redet, yaitu lagu singkat dengan suara pendek yang dinyanyikan oleh seorang penari pada bagian tengah tari.
4. Syek, yaitu lagu yang dinyanyikan oleh seorang penari dengan suara panjang tinggi melengking, biasanya sebagai tanda perubahan gerak
5. Saur, yaitu lagu yang diulang bersama oleh seluruh penari setelah dinyanyikan oleh penari solo.



Jumlah penari tidak terbatas, tapi yang penting ganjil. Tapi ada yang ngomong jumlah penari 10 orang; 8 orang penari dan 2 orang memberi aba aba sambil bernyanyi.







Sekian, dadah!

0 Response to "Tari Saman"

Posting Komentar

Budaya Kita...

Rangda Barong Berbalas Pantun Tarian SamanTarian Saman Mirip Pocong ya? Sasando