Tari Barong dari Bali

ok, jadi berhubungan kami baru saja membuat karya tulis tentang Tari Barong dari Bali, kami akan memuat tentang Tari Barong.


Tari Barong adalah tarian yang berasal dari Bali yang merupakan peninggalan kebudayaan pra Hindu. Kata Barong berasal dari kata bahruang yang berarti binatang beruang. Hewan ini dikatakan sebagai makhluk berkekuatan gaib, sebagai binatang pelindung.
Ia adalah raja raja dari roh dan melambangkan kebaikan. Sementara ada roh yang dinamakan Banas Patih Raja yang dipercaya yang mengendalikan Barong. Dalam pertunjukan, sering kali Barong ditampilkan dalam bentuk hewan singa. Dalam pertunjukan ini Barong dikendalikan oleh 2 orang. Satu didepan mengendalikan kepala, dan satu di belakang mengendalikan kaki.

Tarian ini melambangkan kejahatan dan kebaikan selalu seimbang. Kalau di Cina, ini seperti Yin dan Yang. Tarian ini menceritakan tentang pertarungan Rangda, ratu leak dan Barong, simbol kebaikan. Tarian ini menceritakan bahwa kebaikan dan kejahatan selalu seimbang, tidak ada yang menang dan kalah.














Mungkin itu saja, kalau ada yang kurang, silahkan dicomment, dan jangan lupa follow ya!

0 Response to "Tari Barong dari Bali"

Posting Komentar

Budaya Kita...

Rangda Barong Berbalas Pantun Tarian SamanTarian Saman Mirip Pocong ya? Sasando